Lomba Foto Summarecon Serpong 2018

Lomba Foto 2018 Summarecon Serpong

‘Limitless’

Lupakan teknik, pikirkan kreatif. “Kreatif adalah meniru tanpa ketahuan sumbernya.” Ucapan ilmuwan kondang Albert Einstein tersebut dikutip oleh fotografer Arbain Rambey, saat tampil sebagai pembicara dalam “Workshop Fotografi bersama Arbain Rambey dan Jerry Aurum”, pada momen Lomba Foto tahun 2014 lalu di Summarecon Mal Serpong.

Menurut Arbain, kita tidak perlu malu mencontek agar lebih kreatif. Maksudnya, banyak-banyaklah melihat dan meniru berbagai ide foto, karena dengan begitu lama-kelamaan kita akan punya banyak stok ide untuk digabungkan sehingga lahirlah ide baru. “Orang yang jago mencipta lagu pasti dari dulu hobi mendengarkan lagu. Tidak mungkin langsung mahir,” ia memberikan analogi. 

Sementara itu, Jerry Aurum membagikan ilmunya tentang kreativitas memanfaatkan kamera. “Have fun with camera, bukan dengan software editing foto. Boleh sih, tapi jauh lebih seru dengan kamera.” Menurut Jerry, fotografi itu mengasyikkan, apalagi ketika mengikuti lomba. “Yang paling asyik dari lomba foto itu adalah proses mengikutinya. 

Kalau saya kalah, saya nggak peduli. Santai saja. Apalagi kalau ikut lombanya rame-rame, hunting foto bareng-bareng, menyenangkan banget. That’s the real pleasure of photography. Jadi, sering-sering saja ikut lomba,” urainya.

The Harmony of Healthy Living ada tema yang diangkat di tahun kedua workshop fotografi digelar Summarecon Serpong, sekaligus mengiringi pengumuman pemenang lomba foto yang berlangsung. Tahun ini, Summarecon Seprong kembali mewadahi kegiatan fotografi bagi para pehobi dan komunitas fotografi sekaligus untuk memperkenalkan area hijau, Summarecon Serpong.

Magdalena Juliati, Executive Director Summarecon Serpong berharap, “Dari kacamata para pelaku fotografi, yang tentunya berbeda dengan kacamata orang awam, bisa lahir gambar-gambar artistik dan indah yang berasal dari kawasan Summarecon Serpong.”

Lomba foto kali ini akan berlangsung mulai tanggal 19 April hingga 11 Mei 2018 dengan tema “Limitless”, dibagi atas kategori Architecture, Landscape dan Human Interset & Lifestyle. Peserta dapat mendaftarkan diri melalui link online di bit.ly/SS-lombafoto2018dan berhak untuk meraih hadiah total senilai Rp 170 juta termasuk i unit kamera Canon EOS M50.

Penutupan pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 11 Mei 2018 dan hasil foto yang terkumpul akan dipamerkan di area atrium Forum Summarecon Mal Serpong pada tanggal 21 - 27 Mei 2018. Pengumuman pemenang lomba dilakukan pada tanggal 26 Mei 2018 sekaligus digelarnya Workshop Fotografi bersama Arbain Rambay dan Sambodo, pakar fotografi.