Strategi Membuat Ruangan yang Luas Terasa Nyaman


Kita semua tentunya tahu, interior berperan penting dalam keindahan sebuah ruang. Rumah yang luas tanpa penataan furnitur yang tepat akan terkesan boring. Apa aja sih tips nya? Berikut tips penataan ruang yang luas terasa nyaman.

Membagi zona

Ruang yang luas tidak hanya dapat digunakan untuk satu fungsi ruang saja. Kreasikan dengan memanfaatkan ukuran atau bentuk ruang yang kamu miliki. Bagi ruang ke dalam zona-zona seperti zona untuk membaca dan menulis, spot bermain, atau sekedar spot untuk santai dan ngobrol bersama anggota keluarga. Bagi zona dengan furniture seperti console table, ottoman chairs, atau L-shape sofa sehingga area akan semakin terdefinisi. 

Aplikasikan dua nada warna pada cat dinding

Pengaplikasian cat dinding dengan dua nada warna akan menimbulkan efek nyaman pada mata dan memberikan ilusi ruang yang lebih hidup dan beragam. 

Pajang furniture berukuran tinggi

Rumah yang luas biasanya identik dengan langit-langit ruangan yang tinggi. Jika tidak dibarengi oleh penempatan furniture dengan ukuran yang sesuai, ruangan akan terasa kurang proporsional. Pertimbangkan penggunaan lemari buku yang tinggi, kursi dan sofa dengan senderan yang tinggi, lampu sudut, dan aksesori berukuran tinggi lainnya.

Creative lighting

Pencahayaan bisa alami ataupun buatan. Pencahayaan memberi efek yang signifikan pada kenyamanan sebuah ruang. Jendela berperan penting dalam pencahayaan alami, semakin banyak jendela semakin banyak pula cahaya alami yang masuk. Sementara untuk pencahayaan buatan pada malam hari, hindari penggunaan lampu berwarna kuning remang-remang dan pilih lampu dengan pencahayaan yang terang.

Penegasan pajangan dan aksesori

Pajangan dan aksesori di sebuah ruang yang luas cenderung lebih besar dan tegas. Jika kamu ingin memajang foto atau lukisan di dinding, pilihlah ukuran yang lebih besar dari ukuran standar. Gabungkan foto-foto atau lukisan menjadi satu kesatuan artwork sehingga pajangan akan terlihat lebih jelas dan tegas dibandingkan memajangnya secara terpisah. 

Repetition (Pengulangan)

Terkadang, ruangan yang luas akan terasa sempit karena ruangan cenderung diisi dengan bermacam-macam furniture dan aksesoris. Salah satu cara untuk menyatukan style suatu ruangan adalah dengan pengulangan atau repetition sehingga terbentuk suatu ‘tema’. Menyeragamkan corak gorden dengan sarung bantal atau taplak meja akan memberikan kesan atraktif pada ruangan.